Akhir-akhir ini bangsa Indonesia sedang menjalankan banyak pembangunan infrastruktur hingga peningkatan kekuatan ekonomi. Namun tak hanya itu saja, Indonesia juga perlu meningkatkan sektor pemerintahan untuk membangun bangsa yang lebih baik.

Pemerintah memerlukan system E-government. E-government adalah sistem pemerintahan yang berbasis elektronik atau melalui dunia digital. Pada prinsipnya e-government berfungsi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat melalui pelayanan online, juga mempermudah hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain. Selain itu, melalui sistem e-government, masyarakat bisa ikut mengontrol proses pekerjaan dan kemajuan pemerintah.

Bentuk-bentuk dari penggunaan e-government meliputi website pemerintahan, E-surat, E-planning, E-simpan, Absensi, Sistem antrian dan masih banyak lagi. Semua itu digunakan secara digital, karena saat ini mayoritas masyarakat Indonesia sudah menggunakan gadget untuk kepentingan sehari-hari, hal itulah mengapa system E-government sangat penting.

Sistem e-government ini tidak hanya berdampak baik bagi masyarakat, tetapi juga bagi pemerintah itu sendiri.

Berikut ini contoh dari dampak positif diterapkannnya sistem e-government di Indonesia adalah bekerja secara aktual dan transparan, rakyat bisa melihat berita secara actual atau nyata, rakyat bisa mengakses informasi seputar kinerja pemerintah. Dapat menekan anggaran biaya dan waktu.

Dengan diterapkannya sistem e-governmernt yang sangat mudah diakses dan transparan dapat mengarahkan kedalam good and open government di Indonesia.

Tak hanya pemerintah yang memfasilitasinya lewat e-government, namun kita sebagai masyarakat, pelaku industri juga harus ikut berperan aktif untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Live Chat
Send via WhatsApp