E-Government, Inovasi Pemerintah dalam Memberikan Layanan pada Masyarakat

Penggunaan teknologi dan informasi di era serba digital ini memang tak dapat dipungkiri telah merambah ke berbagai sektor kehidupan masyarakat. Tak terkecuali pada sektor pemerintahan. E-Government adalah salah satu perwujudan penggunaan sistem teknologi informasi oleh pemerintah.

Lalu, apa itu E-Government? E-Government merupakan salah satu sarana perwujudan IT yang digunakan oleh pemerintah untuk melayani masyarakat dan mendukung sistem kerja pemerintah agar lebih optimal.

Banyak sekali manfaat penerapan E-Government ini. Salah satunya adalah kemudahan akses dan sarana penyebar informasi yang terbaik. Oleh karena itu, E-Government ini merupakan inovasi terbaik yang pemerintah lakukan dalam memberikan layanan pada masyarakat.

Jenis E-Government

Ada banyak sekali jenis penerapan E-Government ini. Berikut di antaranya

  1. Government to Citizen

Government to citizen ini dikhususkan untuk menjembatani hubungan antara pemerintah dan masyarakat umum. Sebagai contoh penerapannya adalah website resmi pemerintah yang bisa diakses oleh banyak orang. Contohnya : website pemerintah provinsi, website mengenai layanan pajak online, website mengenai bantuan & jaminan sosial dan tentunya masih banyak lagi.

Dengan adanya sistem Government to Citizen, masyarakat akan mendapatkan kemudahan akses informasi. Selain itu informasi yang diberikan terpercaya dan akurat karena berasal dari pemerintah sendiri. Hal ini tentunya akan mengurangi penyebaran informasi palsu alias hoax.

  1. Government to Business

Government to Business ini menghubungkan antara pemerintah dengan para pelaku bisnis. Ada banyak sekali website atau layanan online yang dikhususkan untuk para pelaku bisnis. Tujuannya tak lain adalah untuk memudahkan para pelaku bisnis mengetahui tentang hukum maupun peraturan pemerintah yang harus mereka taati agar tidak adanya pelanggaran karena sebuah ketidaktahuan.

  1. Government to Government

Jenis yang satu ini memiliki tujuan untuk menghubungkan antara pemerintah yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, juga untuk mendukung adanya kerja sama antara 2 instansi pemerintah.

  1. Government to Employe

Government to Employe ini untuk mengukuhkan hubungan antara para pegawai pemerintahan. Salah satu contoh websitenya adalah http://www.sdm.depkeu.go.id

Manfaat Penerapan E-Government

  1. Meningkatkan transparansi. Dengan adanya keterbukaan ini diharapkan akan menurunkan rasa curiga terhadap berbagai pihak, sehingga bisa lebih mempererat hubungan antara pihak yang satu dengan pihak yang lainnya.

Dengan adanya keterbukaan, masyarakat juga bisa memberikan masukan yang positif kepada pemerintah dalam rangka evaluasi dan meningkatkan sistem kerjanya menjadi lebih optimal.

  1. Sarana informasi terbaik. Dengan adanya penerapan teknologi informasi dalam sektor pemerintah. Maka, hal tersebut dapat mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi. Cukup dengan membuka sebuah website pemerintah dengan menggunakan smartphone, maka Anda dapat mencari informasi yang dibutuhkan. Selain itu, informasi tersebut dapat diakses selama 24 jam penuh.

Dengan tercukupinya akses informasi yang ada, masyarakat dengan lebih mudah dan leluasa dapat menentukan apa yang harus mereka pilih. Hal ini tentunya dapat meningkatkan pemberdayaan. Sebagai contohnya adalah informasi PPDB Online.

Selain itu, hal tersebut juga akan menjadi lebih efisien dikarenakan masyarakat tak harus mengunjungi lokasi secara langsung.

Kesimpulan

Itulah pengertian, jenis dan manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya penerapan E-Government. Asal bisa dimanfaatkan dan dikembangkan secara baik, maka pengaplikasian E-Government akan sangat efektif dan juga bisa menjadi inovasi yang tentunya menguntungkan semua pihak yang terlibat di dalamnya. Baik itu pemerintah, masyarakat umum, pelaku bisnis dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *